PERBEDAAN MS. OFFICE POWER POINT DAN PREZI
Halo sobat, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Powerpoint yang sering kalian gunakan untuk presentasi. Tapi tampilan presentasi yang dibuat dengan aplikasi tersebut hanya itu itu aja alias membosankan. Nah, sekarang anda coba saja aplikasi presentasi Prezi yang menyajikan tampilan yang unik dan juga keren. Tapi sebelumnya gue mau kasih penjelasan perbedaan antara Ms. Office Presentasion dan Prezi.

Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix.

Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.

Fitur-Fitur pada Microsoft PowerPoint:

1.  Terdapat fasilitas Undo dan Redo.
2.  Menampilkan struktur presentasi.
3.  Mengirimkan file presentasi ke word untuk diedit/diubah sebagai handout presentasi.
4.  Menambahkan header (kepala halaman) dan footer (kaki halaman) ke slide presentasi.
5. Dapat menambahkan grafik, tabel, clipt art, music, film dan lainnya ke dalam slide presentasi
6. Menggunakan Task Pane untuk membuat presentasi baru, mencari dokumen, menggunakan design template, layout, serta menambahkan efek transisi dan animasi
7. Menampilkan presentasi dengan menggunakan layar komputer, overhead projector atau yang biasa disebut OHP, atau melalui web.

Kelebihan PowerPoint:

Jendela PowerPoint dilengkapi dengan menu – menu dan tombol – tombol toolbar yang memungkinkan para pengguna dapat mengoperasikannya dengan mudah. Kelebihan ini ditunjang dengan fitur – fitur lain yang dibutuhkan dalam sebuah aplikasi presentasi.

Kekurangan PowerPoint:
Microsoft Office Power Point ini hanya dapat dijalankan/dioperasikan pada sistem operasi Windows saja.

Gambar di bawah ini adalah contoh dari power point:

Prezi

Prezi adalah aplikasi presentasi yang memungkinkan kamu untuk membuat presentasi dengan satu kanvas. Dengan demikian, memberikan keluasaan merancang presentasi dengan segala kreativitas dan imajinasi tanpa dibatasi oleh slide. Untuk berpindah dari suatu topik ke topik lainnya, Prezi menggunakan sistem garis edar atau disebut “Path”. Path inilah yang digunakan untuk mengatur perpindahan antara satu objek ke objek lainnya didalam kanvas. Perpindahan tersebut tidak hanya terjadi secara linier, tapi juga bisa memunculkan efek zooming.

Sebagai aplikasi presentasi pada umumnya seperti Powerpoint, Prezi juga memberikan fasilitas untuk memasukkan gambar, video, beberapa shapes dan ilustrasi seperti diagram. Masalah template, Prezi juga memberikan template menarik. Fitur lainnya adalah fasilitas import untuk converter konten di Powerpoint menjadi konten didalam Prezi. Jadi kamu tidak repot lagi membuat dari awal. Aplikasi Prezi tersedia secara online dan offline (Prezi Desktop). Selain akun berbayar Prezi memberikan lisensi “Free” dengan fasilitas penyimpanan 100Mb. Jadi kesimpulannya.,.,

 

Kelebihan prezi.com:

1. Tampilan tema yang lebih bervariasi dibandingkan dengan power point.
2. Menarik ketika dalam mode presentasi, dengan menggunakan teknologi ZUI nya.
3. Lebih simple dalam hal pembuatan animasi.
4. Pilihan tema keren, yang dapat di unduh secara online.

Kekurangan prezi.com:
1. Karena hanya menggunakan teknologi ZUI (tampilan yang nge-Zoom), software ini terlihat monoton.
2. Jika koneksi internet tidak stabil, kita akan kesulitan bahkan tidak bisa mengeedit presentasinya
3. Sulit memasukkan simbol matematika.
4. Untuk versi trialnya hanya berlaku 30 hari.

Gambar di bawah ini adalah contoh dari  prezi:

Untuk lebih jelasnya sobat bisa melihat buatan presentasi saya dengan prezi. Klik disini

Terima kasih sudah mengunjungi. Semoga bermanfaat,.,


 

referensi

http://alul-stemaku.blogspot.co.id/2014/03/software-presentasi-prezi-tampilan-unik.html

http://taufikhidayat.blog.st3telkom.ac.id/2015/11/20/perbandingan-prezi-dan-microsoft-powerpoint/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *