Membuat Laporan Keuangan Rumah Sakit

 

excel_240x240
Jika Anda sering menggunakan aplikasi Microsoft Excel baik yang 2003, 2007 maupun yang versi terbaru, maka pasti Anda sudah tidak asing lagi menggunakan rumus-rumus Microsoft Excel yang ada dalam aplikasi tersebut. Nah sekarang pertanyaannya adalah bagaimana jika Saya seorang pemula?, bagaimana jika Saya masih belum pernah Belajar Komputer?, bagaimana jika Saya masih belum tau sama sekali membuka aplikasi pengolahan data Microsoft Excel seperti yang akan dijelaskan sekarang ini.? Tidak perlu khawatir kawan, sekarang Anda juga akan bisa mengaplikasikan rumus-rumus dalam Microsoft Excel karena panduan Belajar Microsoft Excel ini disertai dengan contoh dan gambar yang akan memudahkan Anda untuk mempraktekkannya. Baiklah tanpa harus panjang lebar, sekarang langsung Kita masuk ke materi pembahasan mengenai rumus Microsoft Excel, simak dengan baik ya kawan.
Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.
Setiap rumus di dalam MS Excel memilik fungsi tersendiri. Oleh karena itu Anda harus benar-benar memahami masing-masing fungsi dasarnya agar penggunaan rumus dalam MS Excel bisa lebih maksimal dan efisien. Jika telah paham fungsi dasarnya, Saya rasa Anda bisa berkreasi dalam meracik rumus yang sesuai dengan kebutuhan data Anda.

Cara Menulis Rumus Excel

Sebelum mengenal  rumus-rumus excel 2007, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana menuliskan rumus excel agar bisa benar.

Cara 1: Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung

  1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
  2. Pada formula bar, ketikkan = 5000000+3500000, lalu tekan tombol enter.

Note : Menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan pendek serta angkanya tetap.

Cara 2: Menulis rumus dengan menggunakan alamat sel

  1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan
  2. Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu tekan tombol enter.

Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat bermanfaat jika datanya sering berubah.

Cara 3: Menulis rumus dengan bantuan mouse

  1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
  2. Ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel C4
  3. Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5
  4. Tekan tombol enter

Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena memperkecil kemungkinan salah ketik alamat sel.

Nah… bagaimana mudah bukan cara menuliskan rumus excel, jika Anda sudah mahir dalam menuliskannya sekarang mari Kita lanjutkan pembahasannya. Saya akan menjelaskan beberapa fungsi yang digunakan dalam Ms. Excel yang kadang sering digunakan dalam dunia kerja atau administrasi perkantoran.

1. Fungsi Average
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;
=AVERAGE(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
2. Fungsi Sum
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. Misalnya untuk menjumlahkan range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =SUM(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
3. Fungsi Max
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MAX(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
4. Fungsi Min
Fungsi Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MIN(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
5. Fungsi Count
Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih. Bentuk umum penulisannya adalah ;
=COUNT(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dihitung jumlah datanya. Sebagai contoh untuk menghitung jmlah data dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

6. Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk  membaca suatu  tabel secara horizontal (VLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP).

7. Fungsi F4 untuk mengunci tabel. Contoh : N8:P10 jika di pencet F4 akan terkunci seperti ini $N$8:$P$10

8. Fungsi Left

Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah kiri suatu teks.

9. Fungsi Mid

Fungsi ini digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah  dari suatu teks.

10. Fungsi Right

Fungsi right digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari  sebelah kanan teks.

Setelah mengetahui fungsi-fungsi di atas, berikut ini adalah contoh membuat laporan keuangan rumah sakit dengan menggunakan beberapa fungsi di atas. Salin berdasakan teks yang ada di gambar di bawah ini:

Screenshot_9

Langkah-langkah pembuatan dengan menggunakan fungsi:

Setelah menyalin data di atas, untuk menentukan kelasnya dengan cara klik cell kelas, dimana kelas diambil dari karakter pertama kode kamar dengan melihat tabel kelas. Rumusnya adalah =VLOOKUP(LEFT(C4,1),$N$6:$P$8,2,FALSE), kemudian enter. Kode ini ($N$6:$P$8) didapat dari blok tabel kelas seluruhnya dan tekan F4 dan angka 2 adalah kelasnya terletak di kolom ke 2.

Screenshot_1

Untuk menentukan ruang dengan cara klik cell ruang, dimana  ruang diambil dari karakter terakhir kode kamar dengan melihat tabel ruang. Rumusnya adalah =VLOOKUP(RIGHT(C4,1),$N$12:$O$15,2,TRUE),  kemudian enter. Kode ini ($N$12:$O$15) didapat dari blok tabel ruang seluruhnya dan tekan F4 dan angka 2 adalah ruangnya terletak di kolom ke 2.

Screenshot_2Untuk menentukan tahun bangunan dengan cara klik cell tahun bangunan, dimana tahun bangunan diambil dari digit angka yang ada diambil di kode kamar. Rumusnya adalah =1&MID(C4,2,3)

Screenshot_3

Untuk menentukan lama menginap dengan cara klik cell lama menginap, dimana Lama menginap dihitung dari PERTAMA KALI CEK IN sampai TANGGAL TERAKHIR CEK OUT. Rumusnya adalah =E4-D4

Screenshot_5

Untuk menentukan taris yang dibayar dengan cara klik cell tarif yang dibayar, dimana tarif yang dibayar diambil dari karakter pertama kode kamar dengan melihat tabel kelas. Rumusanya adalah =VLOOKUP(LEFT(C4,1),kelas,3,)*I4

Screenshot_4

Untuk menentukan pajak dengan cara klik cell pajak, dimana pajak dihitung berdasarkan 10% dari tarif yang dibayar. Rumusnya adalah =J4*10%

Screenshot_6

Untuk menentukan total bayar dengan cara klik cell total bayar, dimana  total bayar diambil dari tarif yang dibayar ditambah dengan pajak. Rumusnya adalah =SUM(J4+K4)

Screenshot_7

Untuk mentukan total pendapatan, total pendapatan dari penjumlahan dari total bayar. Rumusnya adalah =SUM(L4:L13)

Screenshot_8

Semoga bermanfaat. Terima kasih.,.,.,.,.,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *