Cara Mengatur Nomor Halaman Dalam Satu File Dan Membuat Daftar Isi Di Ms. Word 2007

Membuat Daftar Isi

Membuat Daftar Isi sebagian salah satu persyaratan sebuah Makalah, pada umumnya. Tentu bukan hanya Makalah yang memerlukan Daftar Isi, berbagai artikel lain yang biasa kita tulis membutuhkan yang namanya Daftar Isi.

Memang ada cara manual yang biasa saya buat dalam menyusun Daftar Isi, tapi kadang kurang rapi dan biasanya kita harus mengetik ulang semua Judul item dan sub item yang akan muncul di Daftar Isi. Ternyata setelah saya mencoba mencari artikel dan panduan dalam menyusun Daftar Isi khususnya di Microsoft Word 2007, akhirnya ketemu juga dan ternyata cara tersebut sudah tersedia dalam fitur Microsoft Word 2007 yang kita gunakan.

Pasti Anda memiliki pengalaman lain tentang pembuatan Daftar Isi pada MS. Word 2007.  Namun yang perlu diingat dalam pembuatan Daftar Isi ini, kita harus sudah memiliki ketikan paling tidak sudah memuat beberapa halaman dengan Judul (Item) dan Sub Judul (Sub Item).

Berikut adalah langkah langkahnya :

1.Buat  dokumen yang akan anda susun daftar isinya. Sebagai contoh lihat pada gambar di bawah ini.

Screenshot_1

2. Letakkan cover di tengah. pada menu home, Untuk Heading 2  biasanya mencakup sub judul pertama meliputi kata pengantar, daftar isi, bab (1,2,3), caranya adalah blok dari sub judul pertama, kemudian klik heading 2( anda bisa mengatur formatnya dengan cara klik kanan pada heading 2>modify).

  Screenshot_2

3.Dan untuk sub judul kedua yaitu heading 3 meliputi rumusan masalah, banyak masalah, saran, harapan, dan kesimpulan caranya sama dengan heading 2. maka hasilnya akan seperti digambar ini

Screenshot_3

4. Setelah semua  sub judul selesai diberikan perlakuan seperti diatas, selanjutnya saatnya membuat halaman daftar isi dengan cara masuk ke menu references>table of contents>pilih automatic table 1/2, jika anda memilih automatic table 1, contents bisa anda ganti dengan sebuah judul / kata yang lain.

Screenshot_4

Cara Mengatur Nomor Halaman Dalam  Satu File

Tutorial microsoft Office . Sobat pasti pernah dong membaca sebuah buku, dan setiap buku pasti ada yang namanya nomor halaman (page number)  disetiap halamnnya. Pernahkan sobat perhatikan… ketika sobat membuka daftar isi, prakata, kata pengantar dan hal-hal yang berkaitan sebelum isi buku tersebut biasanya di beri nomor halaman dengan angka romawi, sedangkan di halaman isi buku tersebut, baru diberi nomor halaman dengan nomor biasa.

Tahu kah sobat … membuat nomor halaman yang berbeda seperti itu bisa dilakukan di Microsoft word yang masih dalam satu file atau satu document. Dalam aturan pemberian nomor halaman terdapat dua format nomor halaman, yaitu format nomor halaman dengan angka romawi kecil, dan penomoran halaman dengan menggunakan angka standart. Penomoran halaman dengan angka romawi kecil yaitu I, ii, iii, dst biasanya diberikan mulai halaman judul, abstrak, halaman pengesahan, halaman motto, sampai dengan halaman daftar isi atau kata pengantar. Sedangkan normor halaman yang menggunakan angka standart 1, 2, 3, dst diberikan pada halaman Bab I Pendahuluan dan seterusnya.

Dan biasanya aturan letak memberikan nomor halaman juga berbeda. Halaman judul sampai dengan kata pengantar yang menggunakan angka romawi kecil biasanya terletak di bagian footer dan center (berada di tengah-tengah). Sedangkan halaman BAB I Pendahuluan dan seterusnya menggunakan angka standart dan nomor halamannya terletak pada footer sebelah kanan (right) kecuali pada setiap halaman BAB berada pada header ( atas) sebelah kanan.

Untuk mengatur seperti tersebut diatas, biasanya penulis atau yang ngetik naskah membagi menjadi dua atau tiga file yang terdiri dari file yang berisi halaman judul dan satunya lagi file dengan halaman dengan nomor angka standart (BAB I, dst). Namun hal tersebut dapat kita jadikan menjadi satu file saja yang terdiri dari halaman dengan nomor romawi dan halaman dengan nomor angka standart. Untuk itu anda harus membuat section break.

Yang pada kesempatan kali ini akan saya share cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft word 2007. Oke lah, bagi sobat yang juga ingin membuat makalah atau buku dengan nomor halaman yang berbeda pada halaman tertentu, mari kita mulai belajar Microsoft word 2007 bersama.

  1. Ketik semua naskah buku, skripsi, proposal, laporan dan sebagainya.
  2. Untuk membuat nomor halaman romawi pada halaman judul sampai kata pengantar, tempatkan kursor pada header/footer, kemudian menu INSERT, pada group menu Header&Footer klik Page Number kemudian pilih Bottom of page dan pilih Plain number 2 (terserah sih, tergantung kebutuhan,mau  meletaknya dimana)
  3.  Maka halaman 1 akan terlihat pada halaman judul. Untuk merubah angka standart menjadi angka romawi, klik pada page number dan pilih Format page numbers.
  4. Pada number format pilih i,ii,iii,…. Dan klik OK, maka nomor halaman akan berubah dari angka 1 menjadi i (angka romawi 1)
  5. Sampai disini berubah halaman menggunakan angka romawi kecil.
  6. Untuk membuat halaman BAB I dan seterusnya menjadi angka standart dimulai dari angka 1 tanpa merubah format nomor halaman sebelumnya, maka halaman BAB I harus dibuat section break. Caranya adalah letakkan kursor di depan BAB I atau halaman yang nomor halamannya akan dirubah. Kemudian klik MENU Page Layout, dan klik Breaks pada group menu Page setup. Kemudian klik atau pilih Next page. Sampai disini new section break telah terbentuk.
  7. Klik ganda pada Footer / nomor halaman BAB I, pada MENU design, group menu navigation, nonaktifkan tombol Link to previous. Klik tombol tersebut sehingga tidak berwarna kuning lagi. (terserah sih, tergantung kebutuhan,mau meletaknya dimana) Screenshot_5
  8. Hapus nomor halaman tersebut, kemudian pada menu design, group menu Header&Footer klik page number. Dan pilih format page numbers.
  9. Pada number format ubah i,ii,iii …………….Menjadi 1,2,3……………………..kemudian pada pilihan start at pilih 1 dan klik OK.Screenshot_6
  10. Sampai disini sudah berubah, yaitu halaman judul sampai dengan kata pengantar menggunakan format nomor halaman menggunakan angka romawi kecil sedangkan pada halaman BAB I Pendahuluan menggunakan nomor halaman angka standart.
  11. Untuk pengaturan letak halaman pada prinsipnya menggunakan cara yang sama yaitu menghilangkan fungsi link to previous dan start at pilih secara manual halaman yang anda butuhkan.

Setelah pengaturan diatas, maka dalam satu file nomor halaman berbeda-beda formatnya, ada nomor halaman dengan format angka romawi i,ii,iii,… dan ada juga nomor halaman yang menggunakan angka standart / Arabic 1,2,3,…

Semoga bermanfaat………

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *